Sabtu, 12 Desember 2009

TUGAS KELOMPOK BAB 5 TELEMATIKA

kelompok : putra
nazief
oki
djadjat


Antarmuka pada Telematika

antarmuka atau lebih akrab terdengar dalam bahasa Inggris yaitu interface merupakan suatu perantara yang menghubungkan antara brainware dengan software dan atau hardware, dalam hal ini adalah antara pengguna dengan komputer. Kalau mencoba browsing di Wikipedia, dapat ditemui beberapa pengertian diantaranya adalah pengertian antarmuka atau interface yang merupakan sebuah titik, wilayah, atau permukaan dimana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi "i/f". Bentuk kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut. Ditemui di sumber yang berbeda, antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI). Command Line Interface(CLI) adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program pada sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu. Masing-masing sistem operasi memiliki nama yang berbeda untuk CLI-nya. Pada UNIX, nama CLI-nya adalah bash, ash, ksh, dan lain-lain. Sedangkan pada Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya sebagai PowerShell. Para pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell. Graphical User Interface(GUI) adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device). *sumber*

contoh GUI pada sistem operasi Windows XP:

Antarmuka PC
Antarmuka pada PC atau Personal Computer mempunyai suatu dasar-dasar dalam hal akuisisi data. Akuisisi data sederhananya merupakan suatu proses untuk memperoleh suatu data yang menjadikannya menjadi proses yang penting dalam sistem pemantauan dan pengendalian sistem. Fenomena fisik seperti suhu, tegangan, posisi, laju atau kecepatan, gaya, tekanan, radioaktivitas, intenstitas cahaya, resistansi, kelembaban, konsentrasi gas, medan magnet, frekuensi, level suara dan lain sebagainya ditangkap oleh sebuah transduser.

Apakah transduser itu?
A transducer is a device which converts a physical stimulus to another form of energy (usually electrical)..
Sederhananya tranduser adalah suatu pengubah energi. Tranduser merupakan peralatan yang mampu mengkonversi suatu bentuk energi (fisik) menjadi bentuk energi lainnya (biasanya energi listrik). Di dalam transduser terdapat sensor dan pre-amp.

Apakah sensor itu?
A sensor is a device which responds to a physical stimulus..
Sensor adalah alat yang merespon rangsangan (stimulus) fisik tertentu, seperti sensor suhu yang hanya dapat merespon perubahan suhu, bukan mersepon perubahan tekanan atau gaya.

Lalu apakah pre-amp itu?
Pre-amp digunakan sebagai penguat awal dari suatu sinyal-sinyal listrik yang keluarannya diumpan ke penguat dan pengkondisi sinyal.

Untuk apa penguat dan pengkondisi sinyal?
Penguat dan pengkondisi sinyal digunakan untuk melakukan tugas penguatan sinyal sekaligus melakukan pengkondisian sinyal, termasuk proses tapis sinyal yang dapat digunakan untuk memisahkan sinyal dengan deraunya atau memilih sinyal dengan frekuensi-frekuensi tertentu. Ini semua bertujuan agar sinyal yang diterima PC (komputer) sudah merupakan sinyal yang benar-benar diinginkan.

Lantas komputer digunakan untuk apa?
Hasil dari penguat dan pengkondisi sinyal kemudiian diberikan ke komputer untuk pemrosesan lebih lanjut, hasilnya bisa diumpankan kembali ke suatu aktuator yang akhirnya terdeteksi sebagai besaran fisik. Atau dapat pula keluaran dari komputer diberikan ke aktuator sebagai tanggapan fisik dari sinyal listrik. Aktuator ini bisa berupa speaker yang menghasilkan suara, pembacaan meteran, indikator LED, tampilan digital, perekam grafik, keluaran VDU dan lain sebagainya. Untuk antarmuka menggunakan komputer, dapat menggunakan fasilitas port paralel (yang biasa digunakan untuk printer), port serial maupun USB. Jika menggunakan laptop atau notebook, tentunya port serial (menggunakan alat khusus USB2Serial) serta USB menjadi pilihan yang masuk akal. Mengapa? Karena sudah tidak ada port paralel-nya lagi. Secara umum komputer bisa diganti dengan mikrokontroler, agar sistem menjadi lebih portable, atau bisa sistem embedded yang dapat diakses melalui komputer dimana saja, melalui jaringan TCP/IP baik wired maupun wireless.

http://parasetia.blogspot.com/2009/11/antarmuka-pada-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar